Sudah Tahukah Manfaat dari Minyak Kelapa?

Minyak yang terbuat dari kelapa ini sesungguhnya telah lama digunakan para nenek moyang terdahulu. Akan tetapi, lama kelamaan minyak kelapa ini semakin tidak digunakan, padahal khasiat minyak kelapa begitu beragam, mulai untuk kecantikan sampai kesehatan.

Ini dia 5 manfaat minyak kelapa:

1. Sebagai sumber energi
Asam lauric, lemak jenuh yang dominan didalam minyak kelapa, merupakan asam lemak rantai menengah. Badan memakai asam ini berbeda dibandingkan asam rantai panjang yang terkandung dalam makanan berlemak. Asam lemak rantai menengah akan diproses oleh hati dan dirubah menjadi sebuah energi oleh sel tubuh.itulah sebabnya mengapa asam lemak ini bisa membantu merendahkan berat badan.

2. Memiliki tingkat kolesterol baik
Anda merasa khawatir dengan tingkat bahaya kolesterol, tak perlu khawatir, karena dengan mengonsumsi minyak kelapa bisa meningkatkan kolesterol baik dan juga kolesterol jahat dalam tubuh. Meskipun bersamaan naik, fakta menunjukan bahwa minyak kelapa bermanfaat baik terhadap lemak tak jenuh.

3. Manfaat antioksidan dan antimikroba
Minyak yang terbuat dari kelapa ini mempunyai kandungan yang bisa digunakan untuk memberantas serangga. walaupun risetnya masih sedikit, minyak kelapa juga bisa melawan bakteri, virus, atau infeksi jamur tertentu seperti flu, bronkitis, atau jerawat, dan lainya. Disamping itu, minyak kelapa murni terkandung senyawa fenolik yang bisa berfungsi sebagai antioksidan.

4. Jadi bahan untuk memasak
Minyak kelapa juga cocok untuk memasak sebab rasanya lebih lembut stabil ketika dimasak. Tidak sedikit masakan yang cocok dimasak dengan minyak kelapa. Utamanya pada pembuatan Roti dan masakan semacam tumisyang panasnya sedang. Minyak kelapa juga sering digunakan untuk memasak kari atau masakan semacamnya yang perlu aroma tropis.

5. Untuk perawatan kulit
Minyak kelapa berguna untuk membersihkan riasan wajah. disamping itu minyak ini juga pas dipakai sebagai pelembab kulit khususnya dimusim dingin ketika kulit mudah pecah dan kering.

Akan tetapi, karena kandungan asam lauric yang cukup tinggi, Sebaiknya pilih minyak kelapa yang murni (virgin coconut oil) untuk menggantikan  lemak yang jenuh seperti lemak trans dan mentega. Harus diingat bahwa minyak kelapa tetap merupakan lemak, jangna konsumsi terlalu banyak.