Lima Tips Alami Mencegah Kerontokan Rambut

Bunga sepatu berkasiat sebagai Anti-kerontokan pada rambut.

Bagi siapapun pasti akan merasa malu dan kurang percaya diri jika memiliki rambut yang mudah rontok bahkan hingga botak dikepala. Kerontokan rambut ini bisa terjadi pada siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Tak hanya itu kerontokan juga bisa terjadi pada usia muda.

Banyak hal yang dapat menyebabkan rambut kita rontok dan botak. Kebotakan pada pria sering disebut sebagai androgenic alopecia, Kebotakan bisa terjadi karena secara tidak sadar pada penataan rambut yang terlalu berlebihan, kurangnya konsumsi zat besi pada makanan, karena penyakit lupus, kerontokan hereditas, dan bisa juga karena sindrom ovarium polikistik.

Tetapi dari sekian penyebab diatas kita tak perlu cemas. Karena banyak juga cara alami yang dapat kita lakukan untuk  mencegah kerontokan pada rambut. Seperti dibawah ini lima tips alami mencegah kerontokan pada rambut, Yang dikutip dari Physiotheraphy :

1. Tumbuhan Trengguli
Salah satu tumbuhan yang sering disebut dengan tengguli atau trengguli dengan nama latin Cassia auriculata dapat digunakan sebagai obat ayurveda yaitu untuk mengobati kerontokan pada rambut, penyakit hati, diabetes, gangguan saluran kemih dan infeksi pada mata.

Pada bunga trengguli dapat menaikan kapasaitas insulin, yaitu aliran darah pada kulit kepala, mempercepat sirkulasi darah sehingga merangsang folikel yang berfungsi membantu pertumbuhan pada rambut. Cara pengobatan dilakukan dengan bentuk teh dan sering juga ada pada produk perawatan rambut.

2. Bunga kembang sepatu
Bunga dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis atau sering disebut dengan bunga kembang sepatu ini sangat berfungsi untuk pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Bunga ini berfungsi sebagai anti-kerontokan rambut, yaitu dengan cara  menghaluskan  bunga atau daun kembang sepatu kemudian dicampur dengan minyak
zaitun. Cara pemakaianya oleskan  pada kulit kepala setiap hari sehingga rambut bisa tumbuh lebih lebat dan sehat.

3. Bumbu Amla
Salah satu rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masak orang india ini mengandung Vitamin C dan antioksidan yang banyak, sehingga dapat mencegah kerapuhan dan kerontokan rambut anda.

4. Putih telur
Telur ayam kaya akan kandungan protein, belerang serta berbagai jenis mineral seperti fosfor, zat besi, seng, selenium sehingga amat sangat bermanfaat bagi tubuh. Dangan putih telur anda dapat mencegah kerontokan rambut anda. Dengan cara buat campuran antara putih telur dengan satu sendok teh hingga menjadi pasta kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala hingga merata lalu diamkan sekitar 10-20 menit kemudian dapat dibersihkan dengan sampo.

5. Bawang bombay dan bawang putih
Bawang bombay dan bawang putih yang sering digunakan untuk bumbu masak ini ternyata berkasiat untuk menumbuh lebatkan rambut kepala kita. Dengan mengoleskan dan memijatkan pada kepala bawang yang sudah di haluskan (di jus) maka Antibakteri pada bawang dapat membunuh parasit dan infeksi pada kulit kepala. Atau dengan cara buat pasta dari bawang bombay dengan minyak zaitun kemudian oleskan, dan tunggu 10 hingga 20 menit. dan anda dapat mencuci rambut anda. Bawang bombay dan bawang putih dapat mencega kerontokan rambut karena didalamnya banyak kandungan sulfur yang sangat tinggi dan dapat meregenerasi folikel.