Bahaya Jamu pelangsing yang Mengandung Zat Berbahaya

Banyak wanita yang memimpikan punya tubuh langsing. Tapi, jangan mengonsumsi obat pelangsing sembarangan, sekalipun itu obat herbal ataupun jamu. Bukannya berat badan berkurang justru dapat berefek buruk bagi kesehatan.

Misalnya bila Anda meminum jamu pelangsing yang diklaim terbuat dari bahan  alami tapi sebenarnya mengandung siburtamine. Siburtamine sangat berbagaya bagi tubuh bila dikonsumsi, tukas Ahli farmakologi, Prof. Aznan Lelo, Sp.FK.

"Siburtamine itu memang digunakan untuk membuat selera makan kurang. Tapi dia punya efek samping yang sangat menakutkan. Mulai dari tensi naik, darah tinggi, jantung, stroke, dan sangat banyak," kata Aznan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/9/2014). 

contoh korban dari klaim jamu pelangsing dimana ternyata jamu  itu mengandung sirbutamine ialah Hilda. Hilda mendapatkan jamu itu dijual dengan metode MLM (Multi Level Marketing).

"Pada awalnya, saya girang sekali, sebab dalam empat hari berat badan saya turun dua kg. Namun efek negatifnya  baru saya rasakan setelah seminggu. Mual-mual, selalu haus, gak nafsu makan, dan badan terasa panas," ungkap Hilda kepada Warta Kota, Kamis (4/9).

Berat badanya memang bisa turun dengan cepat, bahkan dalam empat hari bisa turun 2 kg. Namu setelah satu minggu pemakaian, ia malah merasakan efek samping yaitu; capek-capek, badan berkeringat, dan sering emosian. Dan akhirnya dikarenakan Ia tidak kuat dengan efek samping yang dirasakan ia berhenti mengonsumsinya.

Kata Aznan, siburtamine sangat jarang sekali disarankan oleh pakar dokter. Para dokter sangat mempertimbangkan banyak hal karena pemakaian sirbutamine tidak aman untuk tubuh. Seharusnya sirbutamine tidak boleh bebas diproduksi dengan dicampurkan pada jamu apalagi beredar dipasaran.

"Itu tidak populer di kalangan doker. Anehnya, bisa diprosuksi produsen jamu. Itu tidak boleh," tegas Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utera ini. 

Aznan menambahkan, sering mengsumsi sirbutamine berbahaya sekali pada sistem jantung dan pembuluh darah. Selera makan memang akan berkurang bila mengonsumsi sirbutamine, ini yang menjadikan berat badan menjadi turun. Akan tetapi, turunya berat badan ini tidak berbanding lurus dengan kondisi tubuh yang sehat.

Dengan  begitu, Anda sangat tidak disarankan mengonsumsi jamu pelangsing dengan sirbutamine bila ingin tubuh ideal.

1 comments:

pelangsing melilea delete 2 February 2015 at 21:45
This comment has been removed by a blog administrator.