7 Ancaman Rokok Untuk Wanita

Ilustrasi
Berurusan dengan bahaya kesehatan, ternyata wanita lebih rentan dibanding lelaki. Ini karena secara alami, bodi wanita memang tidak sama dengan lelaki. Wanita mengalami siklus hormonal yang mengakibatkan wanita haid, mengandung, dan menyusui. Kalau lelaki tidak. Wanita punya rahim dan payudara yang tidak dipunyai lelaki.

Bagaimana dengan rokok? ternyata wanita lebih rentan dan harus mendapatkan perhatian medis. Dibawah ini tujuh ancaman / bahaya rokok untuk wanita.

1. Kanker Paru-paru
Kanker paru-paru pada dasarnya lebih didominasi oleh kamu lelaki. Akan tetapi sekarang, angka penderita kanker paru-paru menunjukan kenaikan pada wanita. sangat diyakini, ini akibat kebiasaan merokok.

2. Kanker rongga mulut, tekak, dan kerongkongan
Rangkaian tiga organ ini merupakan bagian yang secara langsung terkena asap rokok sebelum masuk pasru-paru. Tekak adalah bagian belakang langit-langit mulut. pada organ-organ ini terjadi rangsangan kronis asap rokok bisa memicu pembentukan sel-sel kanker.

3. Kanker payudara
Para ahli kanker masih memperdebatkan masalah apakah rokok bisa menyebabkan kanker payudara ataukah tidak bagi manusia. Tapi, sudah ada bukti  bahwa zat-zat kimia yang ada di dalam rokok bisa memicu tersusunya sel-sel kanker payudara pada hewan bahan percobaan.

4. kanker serviks (leher rahim)
Sama halnya pada kanker payudara, kanker serviks yang diakibatkan oleh asap rokok ini juga masih masih diperdebatkan dikalangan ahli. Beberapa ahli memberikan pendapat bahwa zat racun dalam asap rokok dapat mencapai leher rahim. Hal ini dapat meningkatkan resiko terinfeksi HPV (human papillom virus) sejenis serotipe tertentu yang dapat memicu penyusunan sel kanker.

5. Gangguan menstruasi
Resiko penyakitnya tidak hanya kanker. Kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan adanya kemungkinan siklus menstruasi, terjadi pendarahan yang berlebihan, juga keputihan. Semua ini dapat terjadi karena racun pada rokok memengaruhi ovarium atau indung telur dan mengakibatkan rendahnya kadar hormon setrogen.

6. Gangguan kesuburan
Kesuburan pada perokok bisa mengurang sampai 72%. Artinya, wanita perokok memiliki kemungkinan lebih besar untuk mandul (infertil) dibanding wanita bukan perokok.

7. Gangguan kehamilan
Seorang perempuan yang hamil, zat-zat racun dari asap rokokjuga dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan ari-ari. Sebab ari-ari ini menghubungkan janin dengan ibunya, jadi gangguan pertumbuhannya dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan rendah ketika bayi lahir. (Mohammad Caesario/ Pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Ekstra No. 583)