Inilah 5 tips Untuk Mengatasi Stres Karena Pekerjaan

Ilustrasi.

Rasa stres dan depresi bisa saja muncul karena banyaknya aktivitas maupun pekerjaan yang menumpuk. Bisa juga karena rasa lelah ataupun rekan kerja yang tidak bersahabat. Dalam kenyataanya satu dari 20 pekerja akan merasakan depresi pada waktu-waktu tertentu, seperti yang diucapkan oleh Mental Helath America.

Untuk itu sebaiknya anda mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa stres dan depresi akibat pekerjaan. Dibawah ini ada 5 tips untuk mengatasi stres karena pekerjaan, dikutip dari Huffington Post :

1. Mengenali tanda
Tanda atau ciri anda mulai mengalami stres atau depresi, salah satunya adalah ketika bekerja anda sulit untuk berkonsentrasi, ini terjadi bisa karena badan anda terlalu lelah, sehingga anda akan susah untuk bekerja
sama bahkan untuk sekedar berbicara dengan rekan kerja terasa malas.

2. Mencari pengobatan
Ketika anda menderita sebuah penyakit, tentunya membutuhkan obat, ini juga berlaku jika anda sedang stres maupun depresi. Bahkan menurut seorang CEO dari Mental Health America yang bernama Paul Gionfriddo menyatakan bahwa depresi tidak akan jauh dengan situasi kronis lainya. Baiknya anda mengkonsultasikan pada psikolog tentang situasi anda itu.

3. Waktu rekreasi
Sudah sering orang tidak mengambil jatah waktu cutinya sehingga rasa stres dan depresi lebih dulu menghampiri. Sebenarnya jika anda tahu, cuti pada waktu yang tepat dapat mengurangi rasa stres. Disarankan untuk lebih mengatur jadwal  berekreasi menghilangkan penat. Pergi sejenak meninggalkan aktivitas yang cukup padat cukup baik untuk kesehatan anda.

4. Memberitahu atasan
Pada posisi apa anda bekerja dan jenis komunikasi dengan atasan sangat mempengaruhi munculnya stres dan depresi pada anda. Sebaiknya bincangkan dengan atasan anda tentang situasi yang sedang anda alami. Hal ini akan membuat rilex dan menimbulkan sutuasi kantor yang lebih baik.

5. Selalu menjaga kondisi tubuh dan pikiran
Disamping meminum obat, untuk mengurangi dan mencegah timbulnya stres dan depresi maka penting untuk selalu menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga, tidur yang cukup kemudian di imbangi dengan pola akan yang sehat.