Inilah Alasan Mengapa kita Tidak Boleh Dendam

Ilustrasi
Setiap orang pasti pernah disakiti, walaupun terkadang hanya rasa sakit kecil, namun kadang sulit untuk memaafkanya. Tidak baik menyimpan rasa sakit, apalagi sampai dendam. Tidak ada manffatnya kita mnyimpan dendam kepada seseorang. Dendam yang kita simpan justru memiliki efek buruk bagi kesehatan. Beda bila kita memaafkannya, akan membuat hati tenang  bahkan membuat energi positif dalam diri kita. Energi positif akan membantu kita selalu berfikir positif dan membuat otak kita tidak tegang tentunya.

"Kita semua memiliki orang-orang yang tidak kita suka, apakah berdampak buruk dengan menyimpan perasaan marah pada mereka?" ujar Psikolog, Seth Meyers. Kata Meyers, berikut alasan mengapa kita tidak boleh menyimpan rasa dendam.

Membuat Stress
Hasil Studi diungkapkan, menyimpan rasa dendam dan berpikir negatif, tidak bagi kesehatan mental.Rasa dendam yang disimpan juga bisa menaikkan perasaan cemas sampai frustasi. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Psychological Science ditemui bahwa berpikiran negatif dapat memicu stress. Karena Denyut jantung dan tekanan darah Anda akan lebih tinggi bila dibandingkan mereka yang mau memberi maaf.

Efek pada kesehatan fisik
Perasaan dendam yang disimpan ternyata tidak hanya berefek pada pikiran, namun juga pada kesehatan fisik. Beberapa peneliti dari Medical College of Georgia menjumpai bahwa orang yang mengakui menyimpan rasa dendam bertahun-tahun memiliki resiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, sakit kepala, dan nyeri lambung.

Cobalah berikan maaf
Saat Anda memutuskan untuk memusuhi seseorang, sebelum melanjutkan tanyalah sejenak pada diri Anda, Apakah seseorang ini cukup penting untuk kehidupan Anda. Ungkapkan terus terang saat Anda merasa terluka atau tersakiti. Jangan dipendam berlarut-larut dihati. Ini dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit yang telah terjadi. Anda juga bisa melakukan aktifitas kembali dengan fokus terhadap hal yang lebih penting dalam kehidupan Anda.

Memaafkan memang sulit untuk dilakukan. Cobalah untuk menghilangkan rasa sakit dihati yang telah berlalu itu. Energi negatif yang ada didalam tubuh Anda akan serta membuat sehat jiwa dan raga.