Olahraga Bisa Membuat Suasana Hati Bahagia

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan badan kita. Namun lebih dari itu, olahraga juga dapat membuat perasaan kita menjadi bahagia. Hasil penelitian dari University of Vermont menemukan bahwa Hanya berolahraga 20 menit bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik sekitar 12 jam. Aktivitas olahraga dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang ketika dalam suasana hati buruk.

Tapi, biasanya olahraga tidak dimanfaatkan untuk menghilangkan suasana hati buruk mereka. namun mereka berolahraga ketika tidak merasa sangat senang maupun sedih. Kebanyakan saat sedih orang malah melampiaskan denbgan kegiatan yang tidak sehat, seperti merokok, makan berlebihan, atau minum alkohol.

Orang yang rutin melakukan aktifitas fisik, perasaannya lebih bahagia dalam hidupnya. Mengapa bisa? Karena aktifitas olahraga bisa menaikkan hormon kebahagiaan yang baik untuk otak kita. Kemudian, olahraga juga bisa mengurangi hormon kortisol yang bisa memicu stress dan adrenalin dalam tubuh kita. Olahrga juga terbukti bisa mengobati depresi dan rasa cemas.

Barang siapa yang berolahraga 30-60 menit tiga atau lima kali seminggu bisa memiliki jiwa yang sehat menurut hasil penelitian US Departement of Health and Human Services. Peneliti memaparkan, berjalan jarak dekat sekalipun bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Happify, situs yang memiliki tujuan seseorang membuat kebahagiaan dengan kegiatn berbasis ilmu pengetahuan dan permainan, mengungkapkan kiat cara membuat olahraga atau latihan fisik Kita menjadi lebih menyenangkan dan membuat bahagia.

Latihan kekuatan
Latihan kekuatan akan membuat perasaan kita lebih baik. Latihan ini seperti mengangkat beban dapat mengurangi depresi, rasa cemas, serta akan membuat diri kita lebih berharga. Penelitian dari Universitas Rutgers menghasilkan bahwa latihan kekuatan yang cukup dapat membuat seseorang lebih merasa bahagia bila dibandingkan dengan yang intensitas kurang atau terlalu sering latihan besi.

Olahraga ditempat terbuka
Olahraga ini bisa mengurangi  marah, tensi tinggi, dan depresi. Kita juga akan lebih bergairah menjalani hidup bahkan energik. Ini bisa dilakukan d dengan berjalan kaki, berenang dikolam terbuka, berspeda atau yoga ditaman maupun pilates. Usahakan olahraga ini hanya untuk berolahraga bukan kompetisi.

Melakukan sosialisasi
Bersosialisasi akan mendapatkan teman baru, juga dapat membuat olahraga anda menyenangkan. Maka cobalah bergabung dengan sebuah komunitas, temukan lawan sekaligus menjadi teman saat bermain olahraga. Sosialisasi juga bisa diciptakan saat Kita berolahraga ditempat ramai.

Mendengarkan musik
Perasaan hati Kita akan terasa lebih baik saat Kita mendengarkan musikdisela-sela melakukan cardio. Dengan mendegarkan musik olahraga menjadi terasa tidak berat. Hasil studi terbaru menunjukan  bahwa menonton acara televisi saat treadmil misa membuat suasana hati menjadi lebih nyaman.