Wajib Diketahui Resiko Penyakit dari Kondisi Rambut

Helai demi helai rambut yang menghiasi kepala kita bukan hanya akan mempengaruhi penampilan, tetapi juga mempengaruhi kesehatan. Melalui kondisi rambut, seseorang dapat kita lihat kondisi kesehatanya. Dibawah ini CantikZone.Com menjabarkan ada tiga jenis permasalahan rambut dan hubungannya dengan kondisi kesehatan tubuh.

1. Rambut Merah atau pirang
Orang-orang yang mempunyai rambut berwarna merah atau pirang sejauh ini diketahui lebih memiliki resiko menderita penyakit Parkinson bila dibandingkan orang yang mempunyai rambut hitam. Karena pada rambut yang berwarna terang memiliki melanin yang lebih sedikit. Padahal, melanin adalah sebuah pigmen yang mempunyai efek perlindungan pada saraf. Kita dapat dengan rutin mengonsumsi buah segar seperti apel untuk merendahkan resiko penyakit Parkinson.

2. Lebih cepat muncul uban
Seiring berjalannya usia, pigmen melanin yang memberi warna kepada rambut, memang akan berangsur mengurang. Akan tetapi bila kita mengonsumsi makanan pedas dan asin juga bisa mempercepat munculnya uban. Ada sebuah studidari turki dijelaskan, bahwa orang yang beruban pada usia muda cenderung mempunyai keadaan arteri yang keras. keadaan seperti ini cukup berbahaya bagi kesehatan jantung.

Ada beberapa cara untuk merendahkan rresiko penyakit jantung, yaitu diantaranya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Penelitian juga menjelaskan, mengonsumsi asam lemak omega-3 dan kacang-kacangan sangat bagus untuk jantung.

3. Kebotakan
Bila rambut Kita berangsur tipis pada bagian ujung kepala, maka resiko terserang penyakit kanker prostat lebih tinggi bila dibandingkan pria yang tidak botak. Yang merupakan pemicu kebotakan ini yaitu karena kadar hormon androgen yang tinggi.

Namun tak perlu risau, kanker prostat dapat dikurangi resikonya. Untuk mengurangi kadar androgen dalam darah bisa dilakukan dengan melakukan olahraga kardio sehingga dapat memperlambat kebotakan