Beberapa Hal Penting Ketika Membersihkan Wajah


Bagi setiap orang membersihkan muka dirasa wajib agar muka tetap terlihat bersih dan segar, baik laki-laki maupun perempuan. tetapi ada banyak hal yang penting yang harus dicermati. Dikarenakan tidak sedikit dari kita saat membersihkan wajah banyak yang melakukan kesalahan.

Saat membasuh wajah, kita perlu memperhatikan suhu air yang kita gunakan. Karena jika salah memilih bisa-bisa kulit wajah terjadi iritasi bahkan dapat timbul bintik merah pada wajah.

Dibwah ini terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika membersihkan wajah, seperti dikutip dari Times Of India :

1. Penggunaan tisu wajah
Memang menggunakan tisu wajah sering kita lakukan untuk membersihkan wajah, karena mudah dan cepat penggunaanya, tetapi tidak disarankan terlalu sering mengusap wajah. Ini karena kulit halus pada wajah mudah rusak saat di usap. Selain itu ketika wajah di usap pengenaan sinar matahari secara langsung dan polusi yang mengenai wajah dapat memberi resiko pada kulit baru. Para ahli menyarankan agar membersihkan wajah dengan tisu wajah jangan lebih dari dua kali dalam sehari, membersihkan wajah bisa dengan mencuci dengan air saja.

2. Memilih suhu air yang tepat
Air yang panas dan dingin bila mengenai wajah akan mudah sekali merusak kulit wajah,sebaiknya mencuci wajah dengan air yang bersuhu hangat sehingga kulit wajah tidak rusak dan untuk menghindari timbulnya bintik merah pada kulit wajah.

3. Dilarang berlebihan
Kebiasaan seseorang yang membersihkan wajah dan mengira dengan menggosok wajah dengan berlebihan bisa menghilangkan kotoran lebih banyak. Sebenarnya jika kita tahu, hal itu  dapat menimbulkan efek kulit kering pada wajah karena hilangnya lapisan kulit halus.

4. Pengelupasan
Banyak kaum wanita yang kurang memperhatikan hal ini. Mereka hanya membersihkan wajah tanpa sadar sudah terlalu banyak kulit yang terkelupas dan menyebabkan kulit iritasi sehingga sering timbul komedo dan jerawat.

5. Pembersihan make-up
Membersihkan wajah seusai menggunakan make-up harus dilakukan, agar kulit wajah diberi celah untuk bernafas. Jika penggunaan make-up secara terus-menerus, anda tidak sadar sudah mencekik kulit wajah anda sendiri.