Ternyata Olahraga Lari memiliki Efek yang berbeda pada Wanita dan Pria

Ilustrasi
Bila dipandang dari bentuk badan dan hormon, memang sudah sepantasnya terdapat perbedaan cara berlari antara pria dan wanita. Tapi bila disebutkan olahraga lari lebih bagus bila wanita dibanding pria, apakah betul?

Efisiensi Metabolisme Lemak
Pada umumnya, badan wanita dibentuk untuk dapat melakukan olahraga lari dengan jarak yang lebih jauhdan memiliki daya tahan yang lebih baikdaripada pria. Ini disebabkan oleh proses pembakaran (cadangan) lemak dalam badan wanita lebih efisien menjadikan wanita lebih kuat berolahraga dalam tempo yang lama.

Tips : untuk mengoptimalkan keunggulan alamiah seperti ini usahakan bahan bakar tubuh dilengkapi dengan nutrisi yang pas dan hidrasi.

Kandungan Estrogen Lebih Banyak
Banyaknya Kadar Estrogen inilah yang menjadi perbedaan dasar antara wanita dan pria, Pada Wanita, estrogen berperan dalam masa haid, hot flashes (perubahan tingkat hormon awal menopause), dimana berfungsi membantu penyimpanan glikogen (sarana penyimpanan energi), serta menaikan fungsi paru-paru.

Tips : Jika disaat kadar estrogen sedang tinggi. Yakni, disaat sebelum ovulasi  dan pada akhir fase luteal (14 hari setelah ovulasi). bagus untuk meningkatkan kebugaran dengan latihan yang sulit dan intens.

Defisiensi pada Zat Besi
Suat Zat besi dapat berfungsi lebih bagus dengan tersedianya hemoglobin (Molekul yang memiliki fungsi mengangkut oksigen dalam darah) dan myoglobin (molekul yang mengangkut oksigen dalam otot). Apabila kadar oksigen dalam darah tidak cukup, saat latihan Anda bisa cepat capek, lemah, bahkan bisa cedera. tapi kondisi ini biasanya pada saat Anda haid.

Tips : Dalam kondisi Anemia, pastikan makan makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti kacang-kacangan, daging, ikan, ayam, dan sayuran. Dan harus diingat, zat besi lebih mudah terserap tubuh dengan asupan vitamin  C yang cukup.

Kepadatan Tulang Berkurang
Pada wanita yang sering berlari dengan jarak yang jauh pada umumnya memiliki presentase lemak  yang rendah pada tubuhnya. Ini ternyata akan berpotensi mempengaruhi siklus menstruasi. Nah apabila siklus haidnya tidak teratur, akan berefek kehilangan kepadatan tulang, yang berpotensi fraktur (tulang mengalami rusak, retak, stress) dan butuh istirahat penuh. Kerapatan tulang yang jelek juga dapat berakibat cidera pad pergelangan kaki.

Tips : Dapat mengatasi kepadatan tulang dengan asupan vitamin D dan kalsium yang cukup. hindari memakan makanan yang terkandung protein tinggi dan kafein didalamnya. Kemudian saat berlari, pastikan menggunakan bantalan sepatu yang baik dan jauhi di area pijakan yang kurang baik.

Suhu pada badan tinggi
Suhu badan wanita memiliki kecenderungan lebih tinggi dari pria, ini terutama saat sebelum dan pada saat haid.

Tips : Perlu hidrasi tinggi saat melakukan latian dalam kondisi haid.