Bermasalah Dengan Diet Anda? Ini Penyebabnya


Kaum hawa di zaman serba modern ini, tidak ada yang tidak ingin memiliki badan sehat dan langsing seperti para selebriti dan bintang iklan yang di idam -idamkanya. Sudah berusaha menurunkan berat badan , tetapi masih saja bentuk badan masih melar, sama sekali tidak ada bedanya dengan sebelumnya. Kenapa ? Mungkin anda harus cek ulang gaya hidup anda.

Seperti yang di kemukakan oleh para ahli "meskipun Anda berupaya keras untuk menurunkan berat badan, ada beberapa kebiasaan yang justru mengganggu diet".  Seperti beberapa hal di bawah ini :

1. Tidur yang kurang
Seperti hasil survei dari Gallup bahwa 40% orang rata-rata tidur kurang dari 7 jam setiap malam. Dengan sedikitnya waktu istirahat untuk mata, maka hormon kortisol, gula darah, dan insulin pada tubuh akan naik.Sehingga timbul rasa lapar. Tidur yang kurang juga memberikan efek resistensi insulin sehingga tubuh mudah menyimpan lemak.

2. Alasan capek berolahraga, dibalas dengan makan banyak
Biasanya selesai berolahraga, dengan rasa capek dan lapar anda tidak sadar 'balas dendam' sehingga memakan makanan yang ada sekaligus. Kebiasaan ini yang membuat proses diet tak maksimal.

3. Makan porsi kecil, namun sering
Anda mungkin berasumsi dengan makan porsi kecil setiap dua atau 3 jam sekali  akan membantu menstabilkan gula darah dan mengcegah makan berlebih. Apalagi sering ngemil cemilan yang banyak mengandung gula. Padahal hal ini yang menyebabkan insulin tidak bisa mengakses lemak untuk menyimpan tenaga. Lebih baik mengkonsumsi variasi menu makanan dengan protein, buah dengan low karbohidrat dan berbagai macam sayuran. Sehingga membuat rasa kenyang tahan lama.

4. Beban pikiran
Hasil penelitian terkini menemukan bahwa badan wanita akan naik sekitar 5 kg pada saat stres ( banyak beban pikiran) Hal inilah yang mendorong hormon kortisol dan merendahkan serotonin, membuat anda semakin ingin memakan makanan yang manis. Ditambah kortisol merendahkan asam lambung, menyebabkan makanan tidak dicerna dengan baik dan menimbulkan rasa lapar terus-menerus.

5. Terlambat makan
Hal ini banyak yang menganggap sepele dan bisa menurunkan berat badan, sebenarnya sebaliknya, dapat menaikan berat badan anda. Tidak perlu menjauhi jam makan malam, tetapi disarankan makan malam pada jam yang normal dan tidak makan terlalu banyak.