Inilah 5 Manfaat untuk Kesehatan dari Cabai Pedas


Lidah orang Indonesia sudah terbiasa dengan makanan pedas. Cabai dapat diolah menjadi berbagai olahan, mulai dari sambal, dijadikan bumbu maksakan, dipotong-potong dalam makanan, sampai dibikin taburan makanan. Dengan rasa sensasi pedasnya tersebut tidak hanya citarasa yang bertambah dan menggoda, namun makanan pedas juga memiliki manfaat untuk kesehatan, simak berikut penjelasannya.

1. Menurunkan berat badan
Cabai dengan sensasi rasa pedasnya datang dari senyawa kapsaisin. Hasil studi ditemukan bahwa dengan mengonsumsi makanan pedas dan panas akan meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sekitar 8%, hal ini menyebakan  menurunya berat badan kita.

Disamping itu, orang yang memakan makanan pedas pada umumnya akan merasa cukuo dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Maka kalori yang diasup juga akan lebih sedikit. Hasil dari sebuah riset di Kanada, menunjukan lelaki yang makan makanan pembuka rasa pedas mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit bila dibandingkan yang tidak pedas.

2. Kesehatan jantung
Setelah sebelumnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, bagaimana manfaat untuk kesehatan jantung? mengonsumsi makanan pedas akan meningkatkan fungsi jantung. Kapasaisin juga terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat.Hasil riset dari Yayasan Kimia Amerika mengklaim bahwa kapsaisin membantu mengurangi kolestrol akibat aliran darah yang lebih cepat karena kapsaisin menghambat gen yang dapat mempersempit arteri.

3. Pencegahan Kanker
Sudah ada beberapa bukti bahwa makanan pedas membantu membasmi kanker. Berdasarkan Yayasan Kanker Amerika, Kapasaisin bisa menghambat proses pertumbuhan sel kanker prostat. Kemudian riset lain dijumpai bahwa Turmerik, rempah pedas India  banyak mengandung antioksidan aktif kurkumin  dimana kandungan ini memiliki sifat antibakteri.

4. Menurunkan tekanan darah
Dari hasil penelitian juga menunjukan bahwa kapasaisin mampu meningkatkan oksida nitrat didalam peredaran darah yang akan membantu melawan peradangan dan dapat pula menurunkan tekanan darah. Dari banyaknya makanan pedas, cabai rawitlah yang paling cepat menurunkan tekanan darah.

Bagaimana Anda tertarik untuk mengonsumsi makanan yang berbau pedas-pedas?